pigglet

Rabu, 02 Agustus 2017

Faktor Penyebab Indonesia Mempunyai Keanekaragaman Hayati yang Tinggi


Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Kenapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang begitu banyak ? Inilah beberapa faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati di Indonesia.
  1. Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kepulauan.
  2. Indonesia mempunyai unsur fauna dan flora yang berkisar dari wilayah Indomalaya sampai ke wilayah Australia.
  3. Indonesia terbagi menjadi 2 zona biogeografi, yaitu wilayah oriental dan wilayah Australian.
  4. Sebagai negara yang memiliki banyak pulau, Indonesia mempunyai laut yang sangat luas dengan garis pantai 81.000 KM atau sama dengan 14% dari panjang pantai bumi.
  5. Indonesia mempunyai pantai dengan hutan bakau yang luas dan memiliki kekayaan jenis flora dan fauna, yakni 4,25 juta ha.
  6. Indonesia mempunyai sumber daya terumbu karang yang terkaya di dunia.
Berdasarkan faktor-faktor diatas, bisa kita simpulkan bahwa keanekaragaman hayati di Indonesia memang sangat luar biasa. Ini dikarenakan zona geografi mempunyai karakter yang berbeda-beda. Banyak pulau yang menyimpan flora dan fauna endemik dan wilayah laut yang sangat luas dengan biodiversitas spesifiknya.
Oleh karena itu, sebagai warga negaa Indonesia kita wajib untuk menjaga dan berpartisipasi untuk melestarikan keanekaragaman hayati di Indonesia ini. Agar ekosistem tetap seimbang dan dapat berjalan dengan baik.
Nah itulah penjelasan singkat mengenai keanekaragaman hayati di Indonesia. Mulai dari pengertian keanekaragaman hayati, manfaat keanekaragaman hayati, macam-macam keanekaragaman hayati, dan contoh keanekaragaman hayati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki banyak kekayaan alam,oleh sebab itu dijuluki  Mega Divercity Country . Hal ini disebabkan n...