pigglet

Rabu, 02 Agustus 2017

Pengertian Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman Hayati

keanekaragaman hayati merupakan keanekaragaman yang ada diantara makhluk hidup yang ada di semua wilayah, yakni daratan, lautan, dan perairan atau akuatik, serta komplek ekologi yang termasuk dari keanekaragamannya yang meliputi keanekaragaman dalam spesies, antara spesies dengan ekosistem.
Keanekaragaman hayati merupakan beranekaragamnya makhluk hidup dalam suatu lingkungan tertentu. Keanekaragaman tersebut berdasarkan pada ciri-ciri dan sifat yang diamati. Keanekaragaman hayati ditimbulkan oleh 2 faktor, yakni faktor gen dan faktor lingkungan.
Keanekaragaman hayati menyebabkan tumbuhnya berbagai jenis hewan dan tanaman yang ada dilingkungan sekitar kita. Keanekaragaman tidak hanya terjadi pada antar jenis, akan tetapi dalam satu jenispun terdapat keanekaragaman. Misalnya perbedaan warna, ukuran, dan bentuk dalam satu jenis.
Variasi merupakan perbedaan yang terdapat pada suatu individu dalam satu spesies. Faktor penyebab terjadinya variasi pada makhluk hidup diantaranya adalah :
  1. Faktor luar, misalnya dikarenakan oleh suhu, tanah, dan makanan.
  2. Faktor dari dalam, misalnya rekombinasi dari gen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki banyak kekayaan alam,oleh sebab itu dijuluki  Mega Divercity Country . Hal ini disebabkan n...